Inilah 10 Perusahaan Paling Inovatif di Dunia


Jakarta : Baru-baru ini Forbes melansir daftar perusahaan yang dinilai paling inovatif mengembangkan usaha mereka. Penilaian mengacu pada pertumbuhan penjualan selama satu tahun terakhir, total keuntungan selama 5 tahun berturut-turut, serta premium inovasi. 

Premium inovasi adalah ukuran berapa banyak investor memberikan penawaran harga saham di atas nilai bisnis berdasarkan ekspektasi hasil yang inovatif di masa depan seperti produk baru, layanan, dan pasar.

Perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut memiliki modal sekurang-kurangnya US$ 10 miliar, mengalokasikan setidaknya 2,5% anggaran untuk riset dan pengembangan, serta memiliki laporan keuangan 7 tahun berturut-turut. 

Inilah daftar 10 perusahaan paling inovatif di dunia versi Forbes, Sabtu (26/1/2013).

1. Salesforce.com

Salesforce.com adalah perusahaan perusahaan perangkat lunak global yang berpusat di San Fransisco, California. Perusahaan ini menduduki peringkat 27 dalam daftar Fortune's 100 Best Companies to Work For in 2012.

Pertumbuhan penjualan dalam setahun terakhir 37.7% dengan total keuntungan selama 5 tahun berutur-turut naik 29.7%, sementara premium inovasi 73%.

2. Alexion Pharmaceuticals

Alexion Pharmaceuticals adalah perusahaan biofarmasi global, yang mengembangkan serta mendistribusikan Soliris. Alexion Pharmaceuticals berbasis di Amerika Serikat.

Pertumbuhan penjualan dalam setahun mencapai 46, 5%. Total keuntungan selama 5 tahun berutur-turut 47,6% 
Premium inovasi 72,3%.

3. Amazon.com

Amazon.com adalah toko buku online yang berasal dari Amerika Serikat. Pertumbuhan penjualan Amazon dalam setahun terakhir 34,9%. Total keuntungan selama 5 tahun berturut-turut 26,3%. Premium inovasi 58,3%.

4. Red Hat

Red Hat adalah sebuah perusahaan software multinasional Amerika yang menyediakan produk open source perangkat lunak untuk kalangan perusahaan. Didirikan pada 1993, kantor pusat Red Hat ada di Raleigh, North Carolina, dan memiliki kantor cabang di seluruh dunia.

Pertumbuhan pernjualan dalam setahun terakhir mencapai 22,6%. Total keuntungan selama 5 tahun berturut-turut 23,9%. Premium inovasi 58,1%.

5. Baidu

Baidu adalah perusahaan search engine asal China. Perusahaan ini menduduki peringkat pertama dalam jajaran perusahaan paling inovatif di kawasan Asia.

Pertumbuhan penjualan dalam setahun terakhir 73,9%. Total keuntungan selama 5 tahun berutur-turut 50%. Premium inovasi 57,6%.

6. Intuitive Surgical Inc

Intuitive Surgical Inc. adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang memproduksi sistem bedah robotik, terutama da Vinci Surgical System.

Pertumbuhan penjualan dalam setahun terakhir 27,6%. Total keuntungan selama 5 tahun berturut-turut 20,8%, sementara
premium inovasi 54%.

7. Rakuten

Rakuten adalah sebuah toko online asal negeri samurai, Japan. Selain di negara asalnya, Rakuten juga sudah sangat mendunia termasuk di kalangan online shopper di Indonesia.

Pertumbuhan penjualan dalam setahun terakhir 18,3%. Total keuntungan selama 5 tahun berutur-turut 25,8% dan premium inovasi 51,5%.

8. Edward Lifesciences

Edwards Lifesciences adalah pemimpin global dalam ilmu katup jantung dan pemantauan hemodinamik, yang berbasis di Amerika Serikat.

Pertumbuhan penjualan dalam setahun terakhir 13,1%. Total keuntungan selama 5 tahun bertutur-turut 33,7% dan premium inovasi 46,9%.

9. Larsen & Toubro (L&T)

Perusahaan swasta asal India ini bergerak di bidang teknologi informasi, rekayasa, konstruksi dan manufaktur, serta jasa keuangan.

Pertumbuhan penjualan dalam setahun terakhir 19%. Total keuntungan selama 5 tahun berturut-turut -0,5% dan premium inovasi 46,1%.

10. ARM Holding

ARM Holdings Plc adalah perusahaan semikonduktor dan desain software berskala multinasional yang berkantor pusat di Cambridge, Inggris. 

Bisnis terbesarnya adalah prosesor, meskipun ada juga desain alat pengembangan perangkat lunak di bawah merek RealView dan Keil.

Pertumbuhan pernjualan dalam setahun terakhir 16,9%. Total keuntungan selama 5tahun berturut-turut 27,3%, sementara
premium inovasi 45,4%.

Selain kesepuluh perusahaan teratas yang mendapat skor tinggi dalam hal inovasi, masih ada perusahaan global yang outstanding di Indonesia juga mendapat peringkat dalam daftar forbes. Sayangnya, mereka ini duduk di peringkat 20 ke atas, antara lain Starbucks (21), Google (24), Danone (25), Apple (26), serta P&G (27). (Est/Nur)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 10 Perusahaan Paling Inovatif di Dunia"

Posting Komentar